BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 01 April 2010

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat

Sejarah

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi (FKM Unsrat) merupakan hasil konversi dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (PS IKM FK Unsrat).

PS IKM FK Unsrat sendiri dibuka dan mulai menerima mahasiswa pada tahun 2001, sebagai bagian integral dari Fakultas Kedokteran, berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 3495/D/T/2001 tanggal 9 Nopember 2001 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat jenjang Program S-1 pada Universitas Sam Ratulangi dengan lulusan bergelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM). Pada awal berdirinya, program studi ini memiliki 2 bidang minat yaitu bidang minat Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) dan Bidang Minat Gizi Kesehatan Masyarakat (Gizi Kesmas). Tahun 2004 dibuka Bidang Minat Kesehatan Lingkungan (Kesling).

Sejak tahun 2002 program studi ini juga melaksanakan pendidikan akademik untuk mahasiswa ekstensi (tamatan akademi dengan gelar ahli madya atau yang setara) disamping pendidikan akademik untuk mahasiswa reguler (tamatan SMA) yang telah ada terlebih dahulu. Masa studi minimal untuk Program pendidikan akademik mahasiswa reguler adalah 8 semester, sedangkan untuk mahasiswa ekstensi adalah 4 semester.

Setelah berdiri selama 8 tahun, maka pada tanggal 17 April 2009 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dikonversi menjadi sebuah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi (FKM Unsrat) yang ditandai dengan pelantikan pimpinan FKM Unsrat oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi. Didirikannya FKM Unsrat menandai awal baru pendidikan kesehatan masyarakat di Sulawesi Utara dan wilayah lain di bagian timur Indonesia.

0 komentar: