BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 02 April 2010

Mengapa Bumi Semakin Panas

Dikaitkan dengan pemanasan global yang dilaksanakan PBB maka ada 2 pertanyaan yang dapat diajukan,m yaitu mengapa bumi semakin panas dan apa dampaknya bagi manusia ?

Penyebab pemanasan ada 2 yakni deforestrasi dan pembakaran bahan bakar fosil. Deforestrasi terjadi ketika bumi ditebang lalu dibakar. Karbondioksida yang terkandung di dalam gambut terlepas ke udara yang biasanya disebut emisi gas rumah kaca (greenhouse gasses emission). Emisi gas itulah yang antara lain menyebabkan suhu bumi makin panas.


Deforestrasi mula mula dilakukan negara Barat yang kini disebut negara Industri. Defosentrasi mereka lakukan sedemikian rupa, sehingga mereka tidak lagi memiliki hutan yang bernilai komersial. Untuk keperluan industrinya mereka lalu mengimportnya dari negara berkembang. Termasuk Indonesia yang memiliki hutan tropis yang luar. Tergiur oleh devisa yang dihasilkan dari ekspor hasil hutan serta didorong oleh kebutuhan akan lahan pertanian dan perkebunan, negara berkembangpun melakukan deforestrasi pula.

Ketika bumi semakin panas, negara Industri mengingatkan negara berkembang agar mengurangi deforestrasi. dan ketika diingatkanmereka telah lebih dulu melakukannya "nenek moyang kami memang telah membuat kesalahan dan Anda hendaknya tidak melakukan kesalahan yang sama"

0 komentar: