BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 28 Maret 2010

Fungsi Tumbuhan

Keanekaragaman hayati tumbuhan yang berada di bumi, tak hanya berfungsi sebagai bahan pangan ataupun media keindahannya melainkan juga bisa sebagai media pengobatan. Indonesia merupakan daerah pada batas khatulistiwa sehinga berribu - ribu spesies tanaman dapat tumbuh, untuk itu mencari tanaman obat di Indonesia sangatlah mudah. Memang saat ini obatan yang diproduksi secara modern sudah banyak dan tak susah untuk didapatkan tetapi walaupun demikian kita harus cermat dalam memilih obat tersebut karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa obat modern memiliki masa kadaluarsa.



Untuk itu tanaman obat yang bersifat secara tradisional lebih aman karenatidak memiliki masa kadaluarsa contohnya tanaman seperti kunyit, jahe, jeruk pecel dapat ditanam di pekarangan rumah dan berguna sebagai pengusir berbagai penyakit ringan sehari-hari seperti batuk, masuk angin dan panas dalam. Tak hanya itu, beberapa tanaman yang ada Indonesia terbukti ampuh mengatasi berbagai penyakit yang lebih berat. Beberapa bahkan dipercaya dapat mengatasi penyakit mematikan seperti AIDS, kanker dan sebagainya.Tanaman obat juga dapat dijadikan alternatif berobat yang lebih aman dan alami. Selain itu, tanaman obat juga baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. salah satu contoh :
Jahe : bahan berkasiat pada tanaman ini terletak pada akarnya. Jahe dapat menyegarkan tubuh kita. Meminum sari jahe dipercaya juga dapat mengembalikan kesegaran tubuh. Cara membuat minuman jahe cukup mudah, hanya digepengkan dan kemudian diseduh dengan air hangat kemudian dapat ditambahkan gula atau bahan lainnya seperti kopi dan the.

selain tanaman berfungsi sebagai obat , tanaman yang menghasilkan buah dan sayur juga bermanfaat. contohnya adalah untuk produk kecantikan yaitu :
buah avokad : yang berfungsi untuk memperhalus kulit dan mempercerah kulit
Mentimun yang kaya vitamin, lemak dan mineral juga dapat memutihkan kulit tetapi sebaiknya jangan anda campur buah atau sayur yang mengandung vitamin C karena akan menetralkan vitamin dalam mentimun tersebut. Sedangkan vitamin, kalsium, lemak dan protein pada kacang kedelai berfungsi memberi gizi, melembabkan serta mengatasi iritasi pada kulit.
cara tradisional sangat bermanfaat bagi kita ! dibandingkan kita memakai produk produk yang tercampur dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker kulit atau iritasi lebih baik kita pakai cara tradisional yang jelas aman bagi kita.

0 komentar: